Imbangi Hoax dan Hate Speech, Satgas Medsos K/L RI Siap Publikasikan Konten Positif
google plus
Henri Subiakto (Staf Ahli Menkominfo Bagian Hukum)
Imbangi Hoax dan Hate Speech, Satgas Medsos K/L RI Siap Publikasikan Konten Positif

Sebanyak 44 Satuan Tugas (Satgas) Media Sosial Kementerian dan Lembaga Republik Indonesia (K/L RI) mengadakan pertemuan dan buka bersama di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rabu (24/05/2018). Dalam kesempatan tersebut mereka membahas isu-isu terkini mengenai hoax, hate speech dan radikalisme.


Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Henri Subiakto menjelaskan bahwa untuk mengetahui suatu informasi hoax atau benar dengan mengetahui ciri-cirinya seperti, disebarkan melalui messenger atau pesan singkat, struktur 5W+1H yang tidak lengkap terutama dimana dan kapan dibuatnya berita, mengandung pesan yang provokatif. “Hoax dan Hate Speech itu seperti Narkoba. Ada yang produksi, ada yang distribusi, ada yang butuh dan ketagihan. Korban Sulit disadarkan, padahal merusak mental, cara berpikir, dan membahayakan bangsa,” tegasnya.


Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Rosarita Niken Widiastuti memaparkan kepada Tim Satgas Media Sosial mengenai Surat Edaran Kemenpan RB No. 137 Tahun 2018 terkait penyebarluasan media sosial bagi ASN. Selanjutnya Rosarita juga menghimbau kepada Tim Satgas Media Sosial K/L RI untuk aktif mempublikasikan konten-konten positif dan saling membantu untuk memberikan informasi. “Kita harus bersatu dan bekerja sama demi Indonesia, jangan biarkan kita diam sementara penyebar hate speech aktif!”.


Pada kesempatan berbeda, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan bahwa BKN telah bergabung dengan Tim SIMAN (Sinergi Media Sosial Aparatur Sipil Negara) yang digagas Menko Polhukam dan menjadi founding father terbentuknya situs web stophoax.id. Situs web ini dapat dijadikan referensi bagi masyarakat dan media untuk melihat apakah informasi yang diterima termasuk hoax atau bukan. kaw

Sumber : www.bkn.go.id (HUMAS BKN)

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.