Para PNS Ini Rela Gunakan Helm Saat Bekerja, Kok Bisa?
google plus
PNS Kantor Pertanahan di Bihar India menggunakan helm saat bekerja. (foto:indianexpress)
Para PNS Ini Rela Gunakan Helm Saat Bekerja, Kok Bisa?


JAKARTA - Lazimnya, helm hanya digunakan saat mengemudikan sepeda motor. Namun apa jadinya jika para pegawai negeri sipil (PNS) memakai alat pengaman kepala tersebut di dalam ruangan kerja mereka.

Pemandangan tak lazim tersebut betul-betul terjadi di sebuah kantor pertanahan di Bihar, India. Bahkan, pejabat kantor tersebut memakai helm sepanjang hari. Usut punya usut, ternyata mereka bukanlah komunitas bikers di kalangan PNS setempat.

Tindakan para PNS itu dilakukan lantaran sebagai upaya menyelamatkan kepala mereka dari tetesan air dari atap plafon kantor yang bocor. Sekaligus mencegah luka serius akibat atap ruang kantor yang sewaktu-waktu bisa roboh.

Menurut pengakuan Parvej Ahmad, PNS yang bekerja di kantor pencatatan tanah tersebut, bahwa banyak anggota staf kantor terluka saat bagian atap bangunan runtuh. Dan begitulah cara mereka memutuskan untuk memilih bentuk tindakan pengamanan ini (menggunakan helm).

Parvej mengatakan hal seperti itu hanya bisa terjadi di India. "Kantor ini bangunan tua. Dinding dan atap bangunan berada dalam kondisi sangat buruk. Air mulai menetes saat hujan turun. Atapnya bisa kapan saja roboh," kata Parvej seperti dilansir IndianExpress, Rabu (19/7/2017).

Parvej dan rekan-rekannya mengaku tidak bisa mendapatkan pilihan lain, selain terus bekerja. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah setempat belum memiliki alternatif baru. Sementara pelayanan publik harus tetap dilakukan.
"Karena kita tidak bisa absen dari tugas kita, maka kita semua memutuskan untuk memakai helm," bebernya.
Ternyata, bukan hanya PNS setempat saja, tapi para pengunjung juga lebih memilih untuk melindungi kepala mereka saat memasuki kantor yang berada di distrik Champaran Timur ini.

Kondisi kantor yang ada di India tersebut berbanding terbalik dengan kantor pemerintahan di Indonesia yang rata-rata mentereng.

Menariknya, meski PNS di India mendapatkan fasilitas kantor yang tidak memadai, namun mereka tetap bersemangat untuk bekerja memberikan layanan publik yang terbaik untuk masyarakat.

Berkaca pada kondisi tersebut, maka tak berlebihan jika hasil survei Gallup World Poll (GWP) menyebutkan tingkat kepercayaan pada pemerintah India terbaik nomor 2 di dunia. Yakni dengan 73 poin di bawah negara Swiss.

Tentunya kisah ini menjadi bahan masukan bagi PNS di Indonesia. Rasa bersyukur dengan kondisi kantor yang sangat nyaman saat ini, hendaknya menjadi alasan kuat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Bukan malah sebaliknya.

Sumber : www.korpri.id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2017. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.