Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI: Mulai Tahun Ini Inspektorat Daerah Bakal Dapat Tugas Tambahan
google plus
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI: Mulai Tahun Ini Inspektorat Daerah Bakal Dapat Tugas Tambahan


JAKARTA – Dalam waktu dekat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan memberi insentif khusus kepada inspektorat daerah. Sebab mereka akan mendapat tugas tambahan yaitu mengawal penggunaan dana desa.

“Dengan demikian tidak perlu lembaga baru untuk mengawal dana tersebut sebab dana yang bermasalah jumlahnya kecil,” kata Menteri Desa Eko Sandjojo di Jakarta.

Namun mekanismenya hingga kini belum diputuskan. Ada pihak yang sepakat jika dana tambahan untuk inspektorat tersebut diambil dana desa, tetapi Menteri Eko lebih setuju jika dana tersebut berasal dari pemerintah pusat.

Insentif tersebut memang harus diberikan kepada para inspektur di daerah karena mengawasi dana desa adalah tugas tambahan. Meski begitu Menteri Desa menegaskan masyarakat tetap diminta ikut mengawasinya.

Tahun ini setiap desa akan mendapat dana hingga Rp.800 juta setiap tahun. Dana itu sangat besar karena selama ini desa tidak pernah mengelola dana sebesar itu.

Jika ditemukan indikasi penyelewengan Eko mengharapkan masyarakat segera melaporkan ke satuan tugas dana desa yang telah dibentuk di setiap daerah. Dia menegaskan telah bekerja sama dengan kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kejaksaan setempat.

Eko sebagaimana dilansir Antara mengharapkan kasus dana desa yang menjerat Bupati Pamekasan Madura diharapkan kasus yang pertama dan terkahir. Satgas dana desa bisa dihubungi di call center 1500040. Pemerintah pasti menindaklanjuti setiap laporan yang masuk.

Sebelumnya petugas Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap Bupati Pamekasan Madura serta sejumlah pejabat tingkat desa pada 2 Agustus 2017. Penangkapan itu berkaitan dengan penggelapan dana desa di kabupaten itu untuk tahun anggaran 2015-2016.


Sumber : www.korpri.id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2017. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.