Pemerintah Berencana Tambah Cuti Bersama Lebaran Tahun Ini
google plus
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (berbaju batik) dalam sebuah kesempatan. (Foto: kbr.id)
Pemerintah Berencana Tambah Cuti Bersama Lebaran Tahun Ini


Pemerintah sedang mempertimbangkan penambahan waktu cuti bersama sebanyak dua hari demi memudahkan pengaturan lalu-lintas libur lebaran pada Idul Fitri Juni 2018.


“Diusulkan Kepala Kepolisian Negera Republik Indonesia (Kapolri) liburnya ditambah tanggal 11 dan 12 karena dengan “dua hari kejepit” itu dikhawatirkan justru akan menyulitkan manajemen lalu lintas pada dua hari itu,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Presiden, Kamis (5/4) sore.


Untuk mewujudkan hal tersebut menurut Budi akan dibahas di tingkat menter koordinator. Sesuai dengan kalender sebelumnya pemerintah menetapkan cuti bersama lebaran tahun ini pada 13, 14, 18 dan 19 Juni 2018. Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan tanggal 15 dan 16 Juni atau hari Jum’at dan Sabtu, sedangkan tanggal 17 adalah hari minggu.


Dua hari yang diusulkan menjadi tambahan cuti bersama itu adalah hari senin dan selasa. Jika dua hari itu disetujui menjadi cuti bersama maka seluruh pegawai pemerintah bisa memulai libur lebaran sejak tanggal 9 Juni atau 10 Juni 2018 karena tanggal itu bertepatan dengan hari sabtu dan minggu.


Maka pada Idul Fitri tahun ini seluruh pegawai pemerintah akan mendapat libur lebaran selama 11 hari.


Salah satu fokus pemerintah pada pengaturan lalu lintas jalan darat pada libur lebaran tahun ini adalah pengunaan tol trans Jawa Pantai Utara. Menurut Menteri Perhubungan secara fungsional tol Jakarta – Surabaya sebenarnya sudah bisa dilewati. Beberapa ruas memang masih belum dinyatakan resmi operasional pada saat itu Kondisi itu menurut dia akan meningkatkan kecenderungan menggunakan jalan tersebut, bahkan mungkin bisa membludak jika para pemudik berangkat pada waktu yang bersamaan.


Jika dua hari tambahan cuti bersama itu bisa disepakati Menteri Budi mengaku akan lebih memudahkan mengatur arus kendaraan. Tanggal berangkat pemudik bisa jauh lebih awal dari hari H.


Pemerintah juga akan membuat posko gabungan di setiap titik kota-kota penting seperti Cirebon, Brebes, Tegal dan Pekalongan.

Sumber : asn.id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.