Rencanakan dengan Matang Liburan ala Keluarga PNS
google plus
Ilustrasi liburan
Rencanakan dengan Matang Liburan ala Keluarga PNS

Liburan keluarga adalah hal penting yang sebaiknya diagendakan secara rutin. Selain bisa jadi cara untuk refreshing, liburan juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.


Berpergian dengan keluarga memang menyenangkan, apalagi jika mencakup ayah, ibu serta anak-anak, pastinya meninggalkan momen meriah dan cerita-cerita tak terlupakan.


Namun, bagaimana agenda liburan bagi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sumber pendapatannya mengandalkan gaji bulanan? Jawabannya bisa.


Terkadang di sela-sela tugas dinas luar, masih bisa menyempatkan untuk mengunjungi tempat wisata di beberapa kota walau singkat. Namun mengkhususkan waktu mengunjunginya bersama keluarga tentu akan berbeda kesan dan rasanya.


Oleh karenanya, mari coba membuat perencanaan berlibur keluarga dengan berbasis anggaran dan waktu.



A. Tentukan Tujuan Wisata


Hal pertama yang dilakukan dari program ini adalah menentukan tujuan tempat atau objek mana yang akan dikunjungi. Bisa dari yang terjauh dulu, atau dari yang terdekat dulu, luar negeri dulu, atau dalam negeri dulu, atau zig-zag. Buatlah daftar objek-objek yang ada di sekitar tempat itu, agar bisa terpetakan dengan jelas apa saja yang akan dilakukan disana. Dengan membuat daftar tujuan, semakin jelas tergambar perencanaan liburan keluarga beberapa waktu ke depan.



B. Hitung Estimasi Biaya


Setelah membuat daftar tujuan, tentukanlah estimasi biaya liburan yang dibutuhkan pada setiap tempat/tujuan. Sederhananya, perhitungan biaya tidak akan jauh dari kebutuhan umum yaitu transport, akomodasi, dan rekreasi, dan belanja. Carilah informasi melalui browsing internet, biro perjalanan, teman yang sudah pernah, atau bisa juga mencari agen wisata yang menawarkan paket all in one.



C. Tentukan Waktu Berdasarkan Kesiapan Dana


Nah berdasarkan estimasi biaya liburan tadi, hitunglah berapa lama kita bisa mengumpulkan dana untuk berlibur ke tempat yang ditarget. Misalnya, kita menargetkan pulau Langkawi, Malaysia, di mana harga agen wisata all in one sebesar Rp.25 juta. Maka kita bisa hitung, bila kita sisihkan Rp.2 juta dari tunjangan kinerja per bulan maka kita bisa berangkat sekitar 12 bulan lagi, atau tahun depan. Demikian juga untuk tujuan-tujuan berikutnya dalam daftar tadi. Bila jangka waktunya panjang (misal di atas 1 tahun), simpanlah dalam bentuk emas untuk lindung nilai dan meminimalisir inflasi. Sesuaikan waktunya pada kalender dengan jatah cuti, libur nasional, dan libur sekolah. Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan, bisa dari sisa SPPD, gaji 13, premi tahunan, dan sebagainya.



D. Lakukan Persiapan Yang Dibutuhkan



Bila waktu liburan sesuai rencana sudah dekat, dan dana sudah dirasa siap, maka persiapkanlah hal-hal yang dibutuhkan selama perjalanan. Urutkanlah dari yang paling pokok, seperti paspor (bila ke luar negeri), izin cuti, dan sebagainya, sampai yang sekunder seperti peta, daftar alamat dan nomer telepon penting. Selesaikan juga kewajiban-kewajiban pekerjaan yang menjadi IKU bulanan. Semakin matang persiapan, akan semakin baik dan memudahkan. Dan satu lagi, mulai biasakan membuat wasiat kepada ahli waris/keluarga sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bukan berharap atau bersangka buruk, tapi sekedar sedia payung sebelum hujan.


Tibalah waktu liburan yang dinantikan. Nikmati perjalanan, nikmati liburan, serap pengetahuan dan pengalaman baru, abadikan momen-momen menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga etika dan attitude, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Karena kita pergi dengan jati diri sebagai PNS, keluarga, institusi, dan bangsa yang melekat dalam tindak tutur selama di tanah orang. Kontrolah pengeluaran agar setelah pulang tidak mengganggu keseimbangan dapur. Dan bila memungkinkan, jangan lupa oleh-oleh untuk rekan di ruangan. [Berbagai sumber]

Sumber : Rujukan dari ASN.Id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2018. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.