Tugas dan Fungsi
Kepala Badan, mempunyai tugas:
  1. membantu Bupati dalam bidang tugasnya;
  2. menyiapkan konsep ketentuan, standar dan kebijakan teknis tentang perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan promosi, penggajian, pembinaan, kesejahteraan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Tapanuli Utara;
  3. merencanakan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian Daerah;
  4. menyiapkan dan melaksanakan pengangkatan, kenaikan pangkat, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;
  5. melayanani administrasi kepegawaian dalam pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan struktural atau fungsional sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  6. menyiapkan dan penetapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  7. menyiapkan penetapan gaji, tunjangan dan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  8. menyelenggarakan administrasi  Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai ketentuan dan prosedur yang ditetapkan;
  9. mengelola Sistem Informasi Kepegawaian Daerah;
  10. menyampaikan informasi kepegawaian daerah kepada Badan Kepegawaian Negara, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  11. mengelola dan memfasilitasi organisasi ASN;
  12. memberikan masukan yang perlu kepada Bupati, sesuai bidang tugasnya;
  13. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah; dan
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

Sekretaris, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sekretaris;
  3. menyusun dan menyempurnakan konsep standar pelaksanaan administrasi keuangan, kepegawaian, umum/kerumahtanggaan, perencanaan, organisasi dan ketatalaksanaan serta evaluasi dan pelaporan;
  4. menyelenggarakan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, penataan organisasi dan ketatalaksanaan, perencanaan serta evaluasi dan pelaporan, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengkoordinasikan penyusunan bahan/data penata usahaan Kepegawaian, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan dan pengorganisasian Kepala Bidang;
  6. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan, sesuai bidang tugasnya;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas:
  1. membantu Sekretaris dalam bidang tugasnya;
  2. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk perencanaan pembaharuan dan peningkatan sistim penyelenggaraan urusan kerumahtanggan, tata usaha Administrasi Umum dan Kepegawaian dan barang/perlengkapan, perjalanan dinas, administrasi kepegawaian serta penerapan dan evaluasi pelaksanaannya;
  3. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat, penggandaan naskah-naskah dinas dan kearsipan dinas;
  4. menyelenggarakan urusan rumah tangga dan keprotokolan;
  5. membantu mengkoordinasikan perumusan perencanaan/program jangka menengah dan tahunan dibidang urusan umum dan perlengkapan;
  6. mengelola barang dan jasa kebutuhan Badan Kepegawaian Daerah;
  7. melegalisasi berkas administrasi kepegawaian dan produk Badan Kepegawaian Daerah;
  8. memberikan masukan yang perlu kepada Sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
  9. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan, mempunyai tugas:
  1. membantu Sekretaris dalam bidang tugasnya;
  2. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk perencanaan pembaharuan dan peningkatan sistim penyelenggaraan urusan keuangan dan pelaporan keuangan, administrasi keuangan serta penerapan dan evaluasi pelaksanaannya;
  3. membantu mengkoordinasikan perumusan perencanaan/program jangka menengah, tahunan dibidang rencana Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan, serta pengaturan pengusulan bendahara;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar perencanaan pengadaan,penempatan, pengembangan dan pemberdayaan pegawai;
  5. mengelola keuangan BKPP dengan melakukan verifikasi atas laporan pertanggungjawaban;
  6. melaksanakan tugas sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK);
  7. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengadaan, penempatan, pengembangan dan pemberdayaan pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  8. membuat Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENSTRA SKPD), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENJA-SKPD);
  9. membuat Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD);
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris; dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Kepala Bidang Pengadaan, Pensiun dan Informasi, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Pengadaan, Pensiunan dan Informasi;
  3. menyiapkan bahan-bahan perundang-undangan, kebijaksanaan dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Pengadaan, Pensiun dan Informasi;
  4. melaksanakan pegumpulan, pengolaha dan evaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan Pengadaan,Pensiun dan Informasi;
  5. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan pengadaan dan data pegawai;
  6. melaksanakan perumusan kegiatan perencanaan pengadaan dan data pegawai;
  7. melaksanaka koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan pengadaan dan data pegawai;
  8. melaksanakan kegiatan evaluasi dan pelaporan hasil pengadaan dan data pegawai
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan; dan
  11. melalui Sekretaris melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Pengadaan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana program kerja Sub Bidang Pengadaan;
  3. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar penetapan kebutuhan dan pengadaan pegawai;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengadaan/kebutuhan Pegawai Negeri Sipil, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. membantu menyelenggarakan persiapan dan pelaksanaan pengadaan Pegawai Negeri Sipil, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. mempersiapkan dan menghimpun usulan formasi pengadaan CPNS Daerah setiap Tahun Anggaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. mempersiapkan usulan NIP dan pengangkatan CPNS Daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan penerimaan CPNS Daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  9. melaksanakan penetapan Perpindahan Pegwaia negeri Sipil Daerah antar Instansi;
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang Pengadaan, Pembinaan dan Kesejahteraan;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang;

Kepala Sub Bidang Pensiun, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidangdalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangPensiun;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dalam pengajuan jabatan pegawai sesuai ketentuan dan standar yang berlaku;
  4. mengumpulkan dan mengolah dan meyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelayanan pengurusan pensiun;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jagja menengah dan tahunan dibidang penyusunan dan penetapan pegawai yang akan memasuki masa pensiun minimal untuk 5 (lima) tahun kedepan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. menyiapkan bahan untuk penetapan pensiun pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  7. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  8. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Sub Bidang Informasi, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangInformasi;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan komputerisasi data existing pegawai;
  4. melaksanakan komputerisasi data existing pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. memelihara dan mengembangkan database system informasi kepegawaian dalam rangka pelayanan data pegawai serta penjagaan keamanan jaringan dan data base pegawai;
  6. mengelola data base tenaga Honore di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. membuat DUK dan pengelolaan SIMPEG;
  8. melakukan pemuktahiran data ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  9. menyiapkan SKP bagi para pejabat struktural di Lingkungan Kabupaten Tapanuli Utara
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidangdalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  3. menyiapkan peraturan perundang-undangan kebijaksanaan dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan diBidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  4. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan di Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  6. melaksanakan pengolahan kegiatan pengkajian dan penilaian di Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  7. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan melalui Sekretaris; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Jabatan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Jabatan;
  3. melakukan koordinasi dan kerjasama dengan unit kerja terkait dalam penyusunan dan penyempurnaan standar jabatan struktural dan standar personil untuk menduduki jabatan struktural;
  4. mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan/data Pegawai untuk pengisian jabatan struktural sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mempersiapkan persetujuan konsultasi penilaian mutasi Pejabat Eselon II pada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  6. mempersiapkan penetapan jabatan fungsional berdasarkan kebutuhan pada unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. mengevaluasi kinerja jabatan fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. mempersiapkan pelaksanaaan seleksi melalui Tes Kompentensi bagai Calon Pejabat Fungsional;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Kepangkatan, mempunyai tugas:

  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Kepangkatan;
  3. mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan penilaian pegawai, meliputi prestasi, disiplin, kreativitas dan produktivitas pegawai;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengurusan kepangkatan dan penggaajian PNS, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data penilaian pegawai, sesuai dengan dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dalam pelaksanaan pengkajian kebutuhan ujian dinas PNS sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  7. menyelenggarakan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah;
  8. menyiapkan data/bahan untuk pengajuan kenaikan pangkat dan gaji para pegawai sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Kesejahteraan, mempunyai tugas:

  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangKesejahteraan;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan penilaian pegawai, meliputi prestasi, disiplin, kreativitas dan produktivitas pegawai;
  4. mengumpulkan/mempersiapkan dan memproseskenaikan gaji berkala PNS;
  5. melaksanakan pengelolaan administrasi pemberian penghargaan pegawai antara lain Satya Lencana Karya Satya X, XX dan XXX bagi PNS di lingkungan pemerintah kabupaten tapanuli Utara;
  6. memproses pengusulan Kartu Pegawai (KARPEG), ASKES dan Kartu Istri/Suami (KARIS/KARSU), dan TASPEN bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. memproses cuti PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  9. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan Organisasi ASN mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan di bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan Organisasi Aparatur Sipil Negara;
  3. menyiapkanperaturan perundang-undangan, kebijaksanaan dan petunjuk serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  4. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  5. mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  6. melaksanakan pengolahan kegiatan, pengkajian dan penilaian di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  7. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan melalui Sekretaris; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  3. melakukan koordinasi dan kerjasama dalam penyusunan dan penyempurnaan sandar pelaksanaan pengkajian kebutuhan pendidikan dan pelatihan ASN;
  4. mengumpilkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyususan rencana jangka menengah dan tahuna dalam pelaksanaan pengakjian kebutuhan pendidikan dan pelatihan ASN sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. menyiapkan dan menyusun kebutuhan diklat bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  6. melaksankan seleksi berkas persyaratan Pendidikan dan Pelatihan PIM II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan hasil pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM);
  8. menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM) baik melalui pelaksanaan maupun pengiriman;
  9. mempersiapkan surat perintah tugas mengikuti diklat teknis fungsional/penjenjangan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  10. mempersiapkan pelaksanaan diklat Prajabatan bagi  CPNS;
  11. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  12. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Pembinaan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangPembinaan;
  3. menyusun dan menyempurnakan standar pelaksanaan perencanaan kepegawaian pembinaan kesejahteraan pengadaan pegawai dan disiplin pegawai;
  4. melaksanakan pembinaan dan penegakan disiplin Pegawai, sesui dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pembinaan dan pengembangan disiplin pegawai;
  6. menyelenggarakan, mengolah dan meyajikan bahan/data tentang peraturan Displin Pegawai sesuai ketentuan yang ditetapkan;
  7. melaksanakan usaha pembinaan disiplin Pegawai dan mengusulkan tindaklanjut yang perlu dalam penegakan displin Pegawai, sesuai dengan ketentuan dan standar yang diteapkan;
  8. memproses izin perkawinan dan perceraian;
  9. mengadakan monitoring pelaksanaan proses penjatuhan hukuman disiplin, permohonan perkawinan/perceraian PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  10. mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan LHKPN dan LHKASN;
  11. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  12. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.
Kepala Sub Bidang Organisasi ASN, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangOrganisasi ASN;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pembinaan dan pengembangan Organisasi ASN (KORPRI/KOPERASI);
  4. menyelenggarakan usaha pembinaan organisasi ASN (KORPRI/KOPERASI) sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. menyelenggarakan usaha pembinaan Organisasi ASN lainnya sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2017. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.