Mandi Pangir, Budaya menyambut Bulan Suci Ramadhan
google plus


Bulan Suci Ramadhan, adalah bulan yang penuh berkah bagi saudara/i Bonapasogit yang beragama muslim. Pada bulan ini, biasanya banyak persiapan dilakukan, untuk menyambutnya. Salah satunya adalah "Mandi Pangir".

Mandi Pangir ini biasanya dilakukan masyarakat yang ada di Pahae untuk menyambut puasa. Pangir sendiri dalam bahasa batak berarti jeruk purut, dan merupakan salah satu bahan yang dimasukkan dalam sebuah rebusan air, dicampur dengan dedaunan yang disesuaikan dengan adat lokal.

Adapun guna dari Mandi Pangir ini adalah membersihkan diri dan siap melaksanan salah satu rukun Islam ini.

Yang unik dalam budaya ini adalah masyarakat sekitar suka melakukannya di Aek Puli, sungai terbesar di Pahae Jae.

Aek Puli ini merupakan sungai yang ada Kec. Pahae Jae dan merupakan spot yang paling disukai untuk dikunjungi jika hari libur tiba.

Tidak hanya anak muda, orang tua juga suka menghabiskan waktu di sini. Di bawah Pohon rindang, terkadang keluarga membawa serta anak-anak mereka menikmati pemandangan seraya menyantap bekal yang mereka bawa dari rumah.

Mandi pangir dilakukan masyarakat sekitar di sore hari, sebelum mandi mereka suka melakukan "piknik" kecil-kecilan di pinggir sungai.

Mandi Pangir diawali dengan membersihkan diri dengan sabun/sampo, lalu mengakhirinya dengan menyiram air rebusan daun daunan ke tubuh mereka.

Terlihat sederhana namun yang membuat seru adalah keunikan dari air rebusan itu sendiri. Air tersebut mengeluarkan harum yang sangat wangi dan menyegarkan.

Jadi, penasaran? Tahun depan ayooo datang ke Aek Puli, Kec. Pahae Jae, Tapanuli Utara.

Sumber: Dispar Taput (Dinas Pariwisata Kab. Tapanuli Utara).
Link: https://youtube.com/watch?v=iciSVPyqVpw
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.