Asman Abnur: Setiap aparatur harus memiliki tiga kompetensi
google plus
Asman Abnur (Menteri PANRB)
Asman Abnur: Setiap aparatur harus memiliki tiga kompetensi

Kompetensi merupakan tuntutan bagi aparatur sipil negara (ASN) saat ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyatakan setidaknya setiap aparatur harus memiliki tiga kompetensi.

“Ketiganya adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial-kultural,” kata Asman Abnur di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Kompetensi teknis diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis. Sedangkan kompetensi manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen, dan pengalaman kepemimpinan.

Sementara kompetensi sosial kultural diukur dari pengalaman kerja yang berhubungan dengan masyarakat majemuk apakah itu dalam bidang agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Salah satu cara untuk mengembangkan kompentensi ASN adalah dengan melakukan orientasi kepada para calon pegawai negeri sipil (CPNS). Menurut Menteri Asman upaya pengembangan kompetensi juga bisa dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, kursus, dan penataran.

Meski begitu pengembangan kompetensi harus dievaluasi pejabat yang berwenang. Kompetensi itu juga harus digunakan sebagai salah satu dasar mengembangkan karir sang ASN.

Dalam mengembangkan kompetensi ASN juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik kerja di instansi lain baik di pusat maupun daerah dalam waktu paling lama satu tahun. Pelaksanaannya harus dikoordinasikan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Selain itu pengembangan kompetensi dapat dilakukan melalui pertukaran ASN dengan pegawai swasta untuk waktu paling lama satu tahun. Kementerian PANRB tengah menyiapkan kebijakan sebagai payung hukumnya.

Asman mengungkapkan hal itu saat memberi pengarahan kepada 1500 CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Tetapi program itu juga diikuti seluruh CPNS yang diterima tahun lalu berjumlah 37.181 orang dan tersebar di berbagai daerah. Mereka mengikutinya via teleconferences.
 

Sumber : korpri.id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.