Kepala BKN: 4 Karakter Yang Harus Dimiliki Pegawai ASN
google plus
Dr.Ir.Bima Haria Wibisana, M.SIS - Kepala Badan Kepegawaian Negara (foto: okutimurnews.id)
Kepala BKN: 4 Karakter Yang Harus Dimiliki Pegawai ASN

“Jika ada pertanyaan lebih memilih mana antara karakter atau kompetensi, saya akan lebih memilih karakter. Karena karakter seorang ASN tidak bisa diciptakan dalam jangka waktu singkat seperti halnya kompetensi,”ujar Kepala BKN, Dr.Ir.Bima Haria Wibisana, M.SIS di hadapan 133 peserta Orientasi CPNS BKN di Pusat Pengembangan ASN Ciawi, Senin (5/2/2018).

Bima menambahkan karakter utama seorang ASN sangat dibutuhkan dalam mewujudkan ASN yang berdaya saing global. Sedikitnya terdapat empat karakter yang harus dimiliki seorang ASN. Pertama, dalam menghadapi tantangan unprecedented change (perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya) dibutuhkan karakter inovatif dan kreatif. Kedua, situasi global and fierce competition (global dan persaingan ketat) memerlukan karakter seorang ASN berupa agility and flexibility (lincah dan fleksibel). Ketiga, situasi berupa complexity and uncertainty (kompleks dan penuh ketidakpastian) menuntut seorang ASN memiliki karakter berupa persistence and perseverance (kegigihan dan ketekunan). Dan keempat, dalam menjawab tantangan effectiveness dan efficiency, karakter yang dibutuhkan berupa teamwork and cooperation (kerja tim dan kerja sama)

Ditemui di sela-sela acara, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai BKN Paryono menyampaikan bahwa selama kurun waktu orientasi diharapkan dapat tumbuh semangat dan kekompakan dalam teamwork dalam diri para CPNS BKN. “Zaman sekarang mencari orang pintar itu mudah. Tapi mencari orang yang dapat diajak bekerja sama itu masih menjadi tantangan para pengelola SDM,” ujar Paryono.

Sumber : Humas BKN - www.bkn.go.id

Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.