Satu E-Mail/Surel Untuk Semua Akun Dan Amankan Dengan Nomor Ponsel Anda
google plus
Satu E-Mail/Surel Untuk Semua Akun Dan Amankan Dengan Nomor Ponsel Anda


Apakah di antara saudara/i masih ada yang belum mengenal apa itu e-Mail? Kemungkinan di antara saudara/i khususnya PNS yang belum tahu apa itu e-Mail.

E-Mail (Electronic Mail) dalam bahasa Indonesia disebut Surat elektronik (surel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

Saat ini email/surel bukanlah sekadar saran mengirim surat atau data saja, namun sudah menjadi sarana untuk mengkonfirmasi data pribadi untuk mendaftar ke berbagai media sosial, laporan pajak, dan lain sebagainya. Sehingga kita khususnya PNS diwajibkan memiliki email.

Keuntungan memakai email sangat banyak, salah satunya ialah kita bisa mengirim surat/data ke rekan-rekan kita yang jauh dari lokasi kita. Namun email juga memiliki kekurangan yakni data yang bisa kita kirim adalah hanya berupa berkas hasil scan/pindai. Berkas yang kita kirim hanya menyerupai aslinya saja. File asli yang bisa kita kirim adalah aplikasi yang berkapasitas rendah, foto hasil jepretan kamera, video berkapasitas rendah, dokumen-dokumen yang bisa disunting. Jika kita ingin mengirim file yang berkapasitas besar maka kita harus menyimpannya di penyimpanan file dunia maya seperti Google Drive, One Drive, Cloud, 4Shared, Mediafire, dan lain-lain. Setelah diunggah ke salah satu media penyimpanan tersebut lalu kita ambil link/tautannya dan kita berikan ke orang yang membutuhkan atau kita sebarkan (jika memang layak disebarkan ke semua orang).

Semua PNS sudah pasti memiliki email, alasannya karena dibutuhkan di saat mendaftar PUPNS di beberapa tahun yang lalu dan juga dibutuhkan untuk melaporkan SPT tahunan. Namun, sering kali PNS tidak tahu emailnya atau lupa karena email dianggap tidak begitu penting sehingga di saat dibutuhkan PNS ybs kesulitan untuk mengkonfirmasi atau memverifikasi datanya, atau tidak bisa melaporkan SPT-nya dan juga tidak bisa mengirim data serta tidak bisa membuka akun media sosialnya. Uniknya, jika ditanya apakah sudah punya email dijawab tidak tahu, namun parahnya sudah memiliki akun media sosial facebook. Padahal untuk mendaftar ke facebook harus memiliki email. Ternyata email digunakan hanya sebatas membuka media sosial saja, padahal fungsi email tidak hanya untuk itu saja.

Memiliki email itu penting, namun bukan keharusan untuk memiliki akun media sosial. Akan tetapi jangan sampai ketinggalan informasi penting yang berhubungan dengan kepegawaian anda dan juga hal-hal lain yang urgen.

Memiliki satu email itu sudah cukup ke semua akun media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, Google Plus, Path, BBM, dll. Bahkan email yang sudah kita gunakan ke akun media sosial bisa kita gunakan untuk urusan lain seperi akun JKN, Laporan SPT, dll.

Satu email untuk semua akun media sosial maksudnya satu email untuk semua akun media sosial yang berbeda. Namun jika kita ingin memiliki lebih dari satu akun media sosial dengan media sosial yang sama maka tentu kita harus memiliki lebih dari satu email. Semisal memiliki dua akun facebook, tentu kita harus memiliki dua email untuk dua akun facebook yang berbeda. Namun apakah saudara/i bisa menggunakan dua akun facebook? Sebenarnya sudah cukup satu. Untuk urusan bisnis boleh-boleh saja memiliki dua akun facebook, Twiter, Instagram, dan lain-lain.

PNS memiliki email itu sudah keharusan, namun harus bersedia mempelajarinya supaya tidak kesulitan untuk menggunakannya. Masalah layanan email mana yang harus digunakan oleh PNS itu tergantung PNS karena banyak media layanan email gratis yang telah tersedia seperti GMail.com, Yahoo, hotmail/Outlook, dll.

GMail dengan situs GMail.com adalah layanan email gratis milik perusahan Google yang sudah cukup populer di masa kini, sangat bagus kita gunakan. Domain yang disediakan adalah "...@GMail.Com".

Yahoo dengan situ yahoo.com adalah layanan email gratis milik Yahoo. Ada banyak fitur yang disediakan seperti: ...@yahoo.com, ...@rocket.com, @ymail.com. Khusus domain ...@yahoo.com juga macam-macam sesuai wilayah negaranya seperti untuk Indonesia ...@yahoo.co.id, Singapura ...@yahoo.com.sg, Inggris ...@yahoo.co.uk, dan lain-lain.

Masalah domain Yahoo di atas bukanlah suatu kewajiban kita pilih sesuai dengan wilayah negara kita, kita bebas memilihnya, namun ada baiknya kita gunakan untuk mengharumkan negara kita.

Hotmail atau outlook atau juga msn dengan situs hotmail.com, outlook.com, msn.com adalah layanan email gratis milik perusahan Microsoft. Domain yang disediakan ada banyak.

Salah satu email di atas dapat kita pilih, bahkan email lokal juga bisa kita gunakan yang penting kita memiliki email untuk kebutuhan kita. Namun PNS atau bukan PNS disarankan memiliki email GMail.com milik perusahan Google, sebab banyak fitur yang disediakan dan lumayan mudah dipelajari atau dipahami.

Jika kita memiliki akun GMail maka kita akan otomatis memiliki akun gratis seperti Google Plus (Media Sosial), youtube (video streaming), google drive (media penyimpanan file berkapasitas besar), google adsense (periklanan), OS Android (smartphone/ponsel pintar berbasis android), google shortcut, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kita sudah memiliki email maka ada baiknya kita amankan dengan nomor ponsel anda. Demikian juga dengan akun-akun media sosial, amankanlah dengan nomor ponsel anda. Bagaimana cara mengamankannya dengan nomor ponsel? Caranya bisa dilihat melalui mesin pencari google search, yahoo search dan bing. Atau boleh ditanya kepada yang sudah paham.

Tujuan kita mengamankan akun email dan akun media sosial dengan nomor ponsel adalah supaya akun kita tidak mudah diretas, dan jika kita lupa sandi/pasword maka kita bisa menggunakan nomor ponsel tersebut untuk mengganti sandi baru. Namun jika ponsel kita hilang maka segeralah aktifkan nomor tersebut ke gerai layanan seluler seperti Grapari Telkomsel, Gerai Xl, dan lain- lain sesuai dengan asal nomor ponsel kita. Namun jika kita malas mengaktifkannya maka ada baiknya gantilah sandi dan nomor ponsel kita yang ada di akun-akun kita tersebut.

Saran untuk kita semua, ada baiknya kita menggunakan sedikit akun media sosial supaya kita fokus menjalani hidup kita sehari-hari. Di samping itu juga menghemat daya batere ponsel, menghemat paket internet, mengurangi beban media penyimpanan ponsel, mengurangi beban kerja ponsel, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan marilah kita gunakan media sosial dengan bijak dan benar.


Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
   
wwwwww

Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
Jl. Sisingamangaraja, No. 100, Kel. Hutatoruan X, Kec. Tarutung, 22411
Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.
Telepon : (0633) 21415
E-mail : info@bkd.taputkab.go.id

Copyright © 2013 - 2019. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara. All rights reserved.