Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Utara
(0633) 21415

Tugas & Fungsi

Kepala Badan, mempunyai tugas:
  1. membantu Bupati dalam bidang tugasnya;
  2. menyiapkan konsep ketentuan, standar dan kebijakan teknis tentang perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan promosi, penggajian, pembinaan, kesejahteraan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Tapanuli Utara;
  3. merencanakan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian Daerah;
  4. menyiapkan dan melaksanakan pengangkatan, kenaikan pangkat, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;
  5. melayanani administrasi kepegawaian dalam pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan struktural atau fungsional sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  6. menyiapkan dan penetapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  7. menyiapkan penetapan gaji, tunjangan dan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  8. menyelenggarakan administrasi  Pegawai Negeri Sipil Daerah, sesuai ketentuan dan prosedur yang ditetapkan;
  9. mengelola Sistem Informasi Kepegawaian Daerah;
  10. menyampaikan informasi kepegawaian daerah kepada Badan Kepegawaian Negara, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  11. mengelola dan memfasilitasi organisasi ASN;
  12. memberikan masukan yang perlu kepada Bupati, sesuai bidang tugasnya;
  13. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah; dan
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

Sekretaris, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sekretaris;
  3. menyusun dan menyempurnakan konsep standar pelaksanaan administrasi keuangan, kepegawaian, umum/kerumahtanggaan, perencanaan, organisasi dan ketatalaksanaan serta evaluasi dan pelaporan;
  4. menyelenggarakan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, penataan organisasi dan ketatalaksanaan, perencanaan serta evaluasi dan pelaporan, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengkoordinasikan penyusunan bahan/data penata usahaan Kepegawaian, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan dan pengorganisasian Kepala Bidang;
  6. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan, sesuai bidang tugasnya;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas:
  1. membantu Sekretaris dalam bidang tugasnya;
  2. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk perencanaan pembaharuan dan peningkatan sistim penyelenggaraan urusan kerumahtanggan, tata usaha Administrasi Umum dan Kepegawaian dan barang/perlengkapan, perjalanan dinas, administrasi kepegawaian serta penerapan dan evaluasi pelaksanaannya;
  3. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat, penggandaan naskah-naskah dinas dan kearsipan dinas;
  4. menyelenggarakan urusan rumah tangga dan keprotokolan;
  5. membantu mengkoordinasikan perumusan perencanaan/program jangka menengah dan tahunan dibidang urusan umum dan perlengkapan;
  6. mengelola barang dan jasa kebutuhan Badan Kepegawaian Daerah;
  7. melegalisasi berkas administrasi kepegawaian dan produk Badan Kepegawaian Daerah;
  8. memberikan masukan yang perlu kepada Sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
  9. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan, mempunyai tugas:
  1. membantu Sekretaris dalam bidang tugasnya;
  2. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk perencanaan pembaharuan dan peningkatan sistim penyelenggaraan urusan keuangan dan pelaporan keuangan, administrasi keuangan serta penerapan dan evaluasi pelaksanaannya;
  3. membantu mengkoordinasikan perumusan perencanaan/program jangka menengah, tahunan dibidang rencana Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan, serta pengaturan pengusulan bendahara;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar perencanaan pengadaan,penempatan, pengembangan dan pemberdayaan pegawai;
  5. mengelola keuangan BKPP dengan melakukan verifikasi atas laporan pertanggungjawaban;
  6. melaksanakan tugas sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK);
  7. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengadaan, penempatan, pengembangan dan pemberdayaan pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  8. membuat Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENSTRA SKPD), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENJA-SKPD);
  9. membuat Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD);
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris; dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Kepala Bidang Pengadaan, Pensiun dan Informasi, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Pengadaan, Pensiunan dan Informasi;
  3. menyiapkan bahan-bahan perundang-undangan, kebijaksanaan dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Pengadaan, Pensiun dan Informasi;
  4. melaksanakan pegumpulan, pengolaha dan evaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan Pengadaan,Pensiun dan Informasi;
  5. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan pengadaan dan data pegawai;
  6. melaksanakan perumusan kegiatan perencanaan pengadaan dan data pegawai;
  7. melaksanaka koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan pengadaan dan data pegawai;
  8. melaksanakan kegiatan evaluasi dan pelaporan hasil pengadaan dan data pegawai
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan; dan
  11. melalui Sekretaris melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Pengadaan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana program kerja Sub Bidang Pengadaan;
  3. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar penetapan kebutuhan dan pengadaan pegawai;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengadaan/kebutuhan Pegawai Negeri Sipil, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. membantu menyelenggarakan persiapan dan pelaksanaan pengadaan Pegawai Negeri Sipil, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. mempersiapkan dan menghimpun usulan formasi pengadaan CPNS Daerah setiap Tahun Anggaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. mempersiapkan usulan NIP dan pengangkatan CPNS Daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan penerimaan CPNS Daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  9. melaksanakan penetapan Perpindahan Pegwaia negeri Sipil Daerah antar Instansi;
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang Pengadaan, Pembinaan dan Kesejahteraan;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang;

Kepala Sub Bidang Pensiun, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidangdalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangPensiun;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dalam pengajuan jabatan pegawai sesuai ketentuan dan standar yang berlaku;
  4. mengumpulkan dan mengolah dan meyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelayanan pengurusan pensiun;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jagja menengah dan tahunan dibidang penyusunan dan penetapan pegawai yang akan memasuki masa pensiun minimal untuk 5 (lima) tahun kedepan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. menyiapkan bahan untuk penetapan pensiun pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  7. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  8. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Sub Bidang Informasi, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangInformasi;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan komputerisasi data existing pegawai;
  4. melaksanakan komputerisasi data existing pegawai, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. memelihara dan mengembangkan database system informasi kepegawaian dalam rangka pelayanan data pegawai serta penjagaan keamanan jaringan dan data base pegawai;
  6. mengelola data base tenaga Honore di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. membuat DUK dan pengelolaan SIMPEG;
  8. melakukan pemuktahiran data ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  9. menyiapkan SKP bagi para pejabat struktural di Lingkungan Kabupaten Tapanuli Utara
  10. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidangdalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  3. menyiapkan peraturan perundang-undangan kebijaksanaan dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan diBidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  4. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan di Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  6. melaksanakan pengolahan kegiatan pengkajian dan penilaian di Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  7. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan Bidang Jabatan, Kepangkatan dan Kesejahteraan
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan melalui Sekretaris; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Jabatan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Jabatan;
  3. melakukan koordinasi dan kerjasama dengan unit kerja terkait dalam penyusunan dan penyempurnaan standar jabatan struktural dan standar personil untuk menduduki jabatan struktural;
  4. mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan/data Pegawai untuk pengisian jabatan struktural sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mempersiapkan persetujuan konsultasi penilaian mutasi Pejabat Eselon II pada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  6. mempersiapkan penetapan jabatan fungsional berdasarkan kebutuhan pada unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. mengevaluasi kinerja jabatan fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. mempersiapkan pelaksanaaan seleksi melalui Tes Kompentensi bagai Calon Pejabat Fungsional;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Kepangkatan, mempunyai tugas:

  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Kepangkatan;
  3. mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan penilaian pegawai, meliputi prestasi, disiplin, kreativitas dan produktivitas pegawai;
  4. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengurusan kepangkatan dan penggaajian PNS, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data penilaian pegawai, sesuai dengan dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dalam pelaksanaan pengkajian kebutuhan ujian dinas PNS sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  7. menyelenggarakan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah;
  8. menyiapkan data/bahan untuk pengajuan kenaikan pangkat dan gaji para pegawai sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Kesejahteraan, mempunyai tugas:

  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangKesejahteraan;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyiapkan dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan penilaian pegawai, meliputi prestasi, disiplin, kreativitas dan produktivitas pegawai;
  4. mengumpulkan/mempersiapkan dan memproseskenaikan gaji berkala PNS;
  5. melaksanakan pengelolaan administrasi pemberian penghargaan pegawai antara lain Satya Lencana Karya Satya X, XX dan XXX bagi PNS di lingkungan pemerintah kabupaten tapanuli Utara;
  6. memproses pengusulan Kartu Pegawai (KARPEG), ASKES dan Kartu Istri/Suami (KARIS/KARSU), dan TASPEN bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. memproses cuti PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  8. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  9. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan Organisasi ASN mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Badan di bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan Organisasi Aparatur Sipil Negara;
  3. menyiapkanperaturan perundang-undangan, kebijaksanaan dan petunjuk serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  4. melaksanakan identifikasi potensi dan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  5. mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data yang berhubungan dengan kegiatan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  6. melaksanakan pengolahan kegiatan, pengkajian dan penilaian di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  7. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan dan OrganisasiAparatur Sipil Negara;
  9. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Badan;
  10. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan melalui Sekretaris; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  3. melakukan koordinasi dan kerjasama dalam penyusunan dan penyempurnaan sandar pelaksanaan pengkajian kebutuhan pendidikan dan pelatihan ASN;
  4. mengumpilkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyususan rencana jangka menengah dan tahuna dalam pelaksanaan pengakjian kebutuhan pendidikan dan pelatihan ASN sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. menyiapkan dan menyusun kebutuhan diklat bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  6. melaksankan seleksi berkas persyaratan Pendidikan dan Pelatihan PIM II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  7. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan hasil pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM);
  8. menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM) baik melalui pelaksanaan maupun pengiriman;
  9. mempersiapkan surat perintah tugas mengikuti diklat teknis fungsional/penjenjangan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  10. mempersiapkan pelaksanaan diklat Prajabatan bagi  CPNS;
  11. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  12. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Kepala Sub Bidang Pembinaan, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangPembinaan;
  3. menyusun dan menyempurnakan standar pelaksanaan perencanaan kepegawaian pembinaan kesejahteraan pengadaan pegawai dan disiplin pegawai;
  4. melaksanakan pembinaan dan penegakan disiplin Pegawai, sesui dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pembinaan dan pengembangan disiplin pegawai;
  6. menyelenggarakan, mengolah dan meyajikan bahan/data tentang peraturan Displin Pegawai sesuai ketentuan yang ditetapkan;
  7. melaksanakan usaha pembinaan disiplin Pegawai dan mengusulkan tindaklanjut yang perlu dalam penegakan displin Pegawai, sesuai dengan ketentuan dan standar yang diteapkan;
  8. memproses izin perkawinan dan perceraian;
  9. mengadakan monitoring pelaksanaan proses penjatuhan hukuman disiplin, permohonan perkawinan/perceraian PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara;
  10. mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan LHKPN dan LHKASN;
  11. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang;
  12. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.
Kepala Sub Bidang Organisasi ASN, mempunyai tugas:
  1. membantu Kepala Bidang dalam bidang tugasnya;
  2. menyusun program kerja Sub BidangOrganisasi ASN;
  3. mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pembinaan dan pengembangan Organisasi ASN (KORPRI/KOPERASI);
  4. menyelenggarakan usaha pembinaan organisasi ASN (KORPRI/KOPERASI) sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  5. menyelenggarakan usaha pembinaan Organisasi ASN lainnya sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
  6. memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai bidang tugasnya;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.


wwwwww